Senin, 03 Juni 2013

5 universitas tertua di dunia

Universitas Al-Qarawiyyin (Maroko)


Universitas Al-Karouine merupakan universitas tertua di dunia yang telah dimasukkan oleh Guiness Book of World Record pada tahun 1998. Universitas ini telah memberikan gelar akademis kepada mahasiswanya sejak tahun 859 M hingga sekarang. Bila kita hitung universitas ini mumurnya sudah lebih dari 1000 tahun.
Pada awal pendiriannya, universitas ini merupakan bagian dari masjid yang didirikan oleh Fatima Al-Fihri, putri seorang saudagar kaya dari Tunisia.

Universitas Al-Azhar (Mesir)

universitas al azhar
Universitas top dunia yang terkenal ini telah banyak melahirkan cendikiawan dan pemikir besar kaum muslimin. Siapa yang tak pernah dengar nama Universitas Al-Azhar. Universitas tertua kedua di dunia ini didirikan pada tahun 970-972 M.
Nama Al-Azhar sendiri mengambil dari nama Fatima Az-Zahra, putri Nam Muhammad SAW. Sama seperti Universitas Al-Qarawiyyin, awalnya Al-Azhar juga merupakan bagian dari masjid. Hebatnya, perpustakaan Universitas Al-Azhar dianggap perpustakaan kedua terpenting di Mesir saking lengkapnya koleksi buku disana.

Universitas Nizamiyya (Iran)


Universitas yang berlokasi di Iran ini memang jarang terdengar, bahkan mungkin banyak diantara sobat mahasiswa yang baru pertama mendengar nama universitas ini. Namun jangan salah, sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di dunia, universitas ini telah banyak melahirkan tokoh besar Iran.
Universitas Nizamiyya dibangun pada tahun 1065 oleh Khwaja Nizam Al-Mulk pada abad ke-11. Berdiri kokoh di tanah Persia, yang kini dikenal dengan sebutan Iran. Universitas Nizamiyya adalah universitas tertua ketiga di dunia.

Universitas Bologna (Italia)


Universitas Bologna merupakan universitas tertua di daratan Eropa. Universitas ini berdiri di tanah Italia sejak tahun 1088. Universitas ini memiliki 13 museum saking banyaknya sejarah yang dimiliki oleh universitas ini. Lebih dari itu, hingga saat ini Universitas Bologna dianggap salah satu universitas papan atas Eropa dan sistem pendidikan yang diterapkan disana banyak ditiru oleh banyak kampus lain di daratan Eropa.

Universitas Paris (Prancis)


Belum diketahui kapan tahun pasti berdirinya universitas ini. Universitas Paris telah melangsungkan kegiatan belajar mengajar sejak tahun 1096 membuatnya masuk dalam jajaran universitas tertua di Eropa. Banyak ilmuwan dan sastrawan besar yang lahir dari kawah candradimuka universitas ini.
Universitas Paris kerap disebut sebagai Universitas Sorbonne atau La Sorbonne. Universitas Paris juga masih diakui sebagai universitas paling bergengsi dan prestisius di dunia karena banyaknya ilmuwan, politikus, penemu, sastrawan, hingga peraih nobel yang berasal dari kampus ini. Bahkan salah satu novelis paling terkenal sepanjang masa Indonesia, Andrea Hirata juga merupakan alumni universitas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar